Kamis, 22 Desember 2011

Klasifikasi Penggunaan Tanaman Brdasarkan Salinitas dan Rasio Sodium


Salinitas adalah tingkat keasinan atau kadar garam terlarut dalam air. Salinitas juga dapat mengacu pada kandungan garam dalam tanah
1.      Kelas (1)Rendah RSC (< 1,25 m.e/l) digolongkan air yang cocok dan baik untuk semua jenis tanah, sehingga memberikan pertumbuhan tanaman yang normal. Air pada kelas ini tidak memberikan pengaruh buruk terhadap koloid tanah.
2.      Kelas (2)Sedang RSC (1,25 – 2,50 m.e/l). Air ini cocok untuk jenis tanah tertentu  dan untuk tanaman tertentu pula. Biasanya tanaman yang toleran dan agak toleran terhadap sodium dapat tumbuh
3.      Kelas (3)Tinggi RSC Tidak dapat digunakan pada tnah-tanah dengan drainase yang terbatas
4.      Kelas (4)Sangat Tinggi RSC (> 2,5 m.e/l). Air ini tidak cocok dipakai untuk kepentingan tanaman, karena tingkat kadar garamnya sangat tinggi

1.      Kelas rendah
Pada kelas ini memiliki salinitas rendah dan berada pada irigasi hulu. Tanaman yang sesuai dengan irigasi ini antara lain :
a)      Kacang tanah              e) Lemon
b)      Kacang panjang          f) Apel
c)      Kedelai                       
d)     Jeruk
Hal ini karena tanaman tersebut sensitif terhadap salinitas. Tumbuhan tersebut dapat tumbuh pada ketinggian (1200-2700mdpl)

2.      Kelas sedang
Pada kelas ini memiliki salinitas sedang dan berada pada irigasi tengah. Tanaman yang sesuai dengan irigasi ini antara lain :
a)      Jagung
b)      Padi
c)      Tebu
d)     Kapas 
e)      Melon 
f)       Semangka
Hal ini karena tanaman tersebut semi sensitif terhadap salinitas. Tumbuhan tersebut dapat tumbuh pada ketinggian (300-1800mdpl)

3.      Kelas tinggi
Pada kelas ini memiliki salinitas tinggi dan berada pada irigasi hilir. Tanaman yang sesuai dengan irigasi ini antara lain :
a)      cabe
b)      Kobis
c)      Bawang
d)     Kentang
e)      Mangga
Tanaman yang semi toleran terhadap garam dan tumbuh pada ketinggian (275-450 mdpl) :

4.      Kelas sangat tinggi
Pada kelas ini memiliki salinitas sangat tinggi dan berada di sekitar pantai . Tanaman yang sesuai dengan irigasi ini antara lain :
a)      Kelapa                        e) Jambu
b)      Barley (gandum bir)    f) Palm
c)      Oat                             
d)     Bit
Tanaman yang toleran terhadap garam pada ketinggian (0-350 mdpl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar