Kamis, 22 Desember 2011

ALAT PENAKAR HUJAN OTOMATIS


1.      Tipping Bucket
The interior of a tipping bucket rain gaugeThe exterior of a tipping bucket rain gauge
Rain gauge adalah jenis alat yang digunakan oleh meteorologist dan hidrologis untuk mengukur jumlah curah hujan dalam periode waktu tertentu. Kebanyakan rain gauge menghitung curah hujan dalam satuan millimeter. Rain gauge tipping bucket terdiri dari silinder tembaga yang menempel di atas tanah. Di atas silinder terdapat pipa yang mengumpulkan dan menyalurkan curah hujan. Hujan jatuh ke salah satu bucket atau keranjang dari dua bucket , yang saat bucket yang satu penuh dengan cepat bucket yang kedua akan menampung hujan yang turun seperti jungkat-jungkit. Setelah jumlah hujan sama dengan 0,2 mm maka bucket akan jatuh dan sinyal elektrik akan terekam di rekorder.
Tipping Bucket Rain Gauge Recorder      Close up of a Tipping Bucket Rain Gauge Recorder chart
Rekorder tersebut terdiri dari pena yang dipasang di roda gigi yang akan bergerak setiap sinyal terkirim dari kolektor. Tipping bucket tidak seakurat standar rain gauge karena hujan yang turun mungkin berhenti saat bucket sudah penuh. Tipping bucket bagus saat menghitung gerimis dan hujan yang sangat ringa. Jika rekorder dilengkapi dengan waktu maka bisa ditentukan berapa banyak hujan yang turun selama waktu tersebut tanpa harus berada di stasiun curah hujan. Satu kelemahan tipping bucket adalah ketidakmampuan estimasi rain gauge saat hujan lebat.

2.      Optical Rain Gauge
Rain gauge tipe ini memiliki sebaris saluran. Di setiap saluran terdapat diode laser dan photoresistor detector. Saat air telah terkumpul untuk membuat single drop, lalu menetes dari bawah jatuh ke batang laser. Sensor disetting di angel yang tepat sehingga laser bisa langsung mendeteksi seperti lampu flash. Flash dari photodetector ini bisa dibaca dan dikirim ke rekorder.

3.   Penakar Hujan Otomatis tipe Hellmann
Merekam curah hujan, yang direkam pada kertas pias.
4. Penakar Hujan Biasa (OBS)
 Penakar Hujan Biasa adalah alat untuk menakar hujan, diukur dengan gelas ukur.


5.  Penakar Hujan Manual Tipe Observatorium

Keterangan gambar :
A: corong penampung
curah hujan
B: silinder penampung
air hujan
C: corong penyalur air
kesilinder penampung
D: tiang dari kayu/beton

Tidak ada komentar:

Posting Komentar